Thursday, April 24th, 2014...2:58 pm

Guru Besar UII Terpilih Sebagai Anggota Executive Board of IUSRC

Jump to Comments

Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Periode 2006-2010 dan 2010-2014, terpilih sebagai salah satu anggota executive board of International Universities Search and Rescue Council (IUSRC). Dalam rapat general council di Hotel Acapulco, Girne, Turkish Republic Northern Cyprus (TRNC), Kamis (24/4), juga terpilih Presiden Baru IUSRC Prof. Dr. Yildirim Oner, Rektor Girne American University TRNC. Ia menggantikan Prof. Huseyn Golcekcus Rektor Near East Univrsity Northern Cyprus yang memimpin IUSRC sejak berdirinya pada tahun 2012 lalu.

Di samping Prof. Edy, anggota lain executive board terpilih lainnya antara lain dari India, Jordan, Polandia, dan TRNC. Pertemuan ini dihadiri delegasi dari belasan negara seperti dari Rusia, Kazakhstan, Iran, dan negara lainnya. Anggota IUSRC yang pada awal berdirinya hanya 21 Perguruan Tinggi (PT), saat ini menjadi 35 PT dari lebih 20 negara.

Tujuan dari IUSRC adalah untuk memperkuat dan mendekatkan hubungan antar masyarakat dunia secara umum dan secara khusus bagi PT dan mahasiswa agar saling tolong menolong terhadap isu kemanusiaan, seperti membantu korban bencana dan lain sebagainya. Dalam konteks tersebut, dimaksudkan juga sebagai sarana untuk melakukan training bersama dalam merumuskan dan menyetujui langkah-langkah antisipatif menghadapi bencana yang tidak terduga. UII merupakan salah satu pendiri dari organisasi yang didirikan pada tahun 2012 tersebut.

Ketika diminta menyampaikan sambutannya dalam forum tersebut, Prof. Edy Suandi Hamid menyatakan IUSRC sebagai langkah penting untuk dikembangkan di PT-PT negara anggotanya guna membangun kesadaran dan kepedulian PT pada persoalan kebencanaan seperti gempa, erupsi gunung berapi, tsunami, banjir, dan sebagainya. Diungkapkan Prof. Edy, PT diharapkan mempunyai unit atau lembaga yang terkait dengan upaya untuk membantu masyarakat atau korban dari setiap bencana alam seperti gempa bumi, erupsi gunung merapi, tsunami, banjir dan sebagainya. “Ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab PT pada masyarakat,” paparnya.

Dalam forum berbeda IUSRC juga mengadakan training yang diikuti dosen dan mahasiswa dari perguruan tinggi anggotanya. Dari UII diwakili dosen Fakultas Ekonomi UII, Drs. Priyonggo Suseno, M.Sc, serta dua mahasiswa yakni Andi Hakim dari Internasional Program Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri dan Reza Fattah Ghalib Santoso dari Internasional Program, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum.

Comments are closed.