Thursday, May 8th, 2014...3:07 pm

UII Perkuat Jalinan Kerjasama dengan Université Catholique de Lille, Perancis

Jump to Comments

Globalisasi dalam dunia pendidikan telah mendorong internasionalisasi menjadi salah satu tantangan terbesar sekaligus tuntutan bagi perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia. Pengembangan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di negara-negara maju dinilai sebagai pintu masuk strategis dalam memulai proses internasionalisasi PTS di Indonesia.

Tujuan inilah yang ingin dicapai dalam kunjungan kerja Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) ke Université Catholique de Lille (UCL), Perancis, Senin (5/5). Dalam kunjungan yang dihadiri 32 Rektor dan Pimpinan PTS di berbagai wilayah Indonesia tersebut, juga dilangsungkan penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara UCL yang diwakili oleh Président-Recteur UCL, Pierre Giorgini, dengan APTISI, yang diwakili oleh Ketua Umum-nya, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec.

“Penandatanganan LoI ini memberikan peluang bagi para pimpinan PTS yang hadir dalam kunjungan kerja ini untuk mengembangkan kerjasama dengan PTS masing-masing,” ungkap Prof. Edy yang merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi UII.

Sementara itu, Pierre Giorgini menekankan antusiasme UCL untuk membangun kerjasama dan hubungan strategis dengan PTS di Indonesia. “Kerjasama ini semakin menguatkan hubungan bilateral dengan Indonesia yang kini tengah menjadi salah satu prioritas hubungan luar negeri pemerintah Perancis,” ungkapnya. UCL sendiri merupakan salah satu PTS unggul di Perancis yang berdiri sejak tahun 1875.

Senada dengan Giorgini, Direktur Kantor Relasi Internasional UCL, Anne-Marie Michel menyambut positif kunjungan kerja APTISI ke UCL. “Pada bulan Juni mendatang, Lille akan menjadi tuan rumah Kongres Kerjasama Perancis-Indonesia dalam bidang pendidikan, di mana kunjungan APTISI ini menjadi sangat relevan dan penting,” ungkap Anne-Marie yang pada April 2014 lalu juga berkunjung ke UII.

Selain kunjungan kerja ke UCL, juga dilakukan penjajakan kerjasama dengan Saxion University of Applied Sciences dan The Hague University di Belanda, di mana delegasi UII diwakili oleh Direktur Pemasaran, Kerjasama, dan Alumni (DPKA), Fitri Nugraheni, Ph.D., Wakil Dekan International Program (IP), Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D., dan Direktur Humas, Hangga Fathana, S.IP., B.Int.St., MA.

“Selain untuk membalas kunjungan UCL ke Kampus UII, rintisan kerjasama dengan UCL ini merupakan bukti komitmen inklusivitas UII untuk mengembangkan kerjasama strategis dengan semua pihak,” ungkap Fitri.

Ia menambahkan, kunjungan kerja ini dinilai strategis mengingat perguruan tinggi di negara-negara Eropa memiliki tradisi akademik yang kuat dan volume kerjasama pendidikan tinggi dengan Indonesia yang saat ini tengah berkembang. “Dalam waktu dekat, UII akan menjajaki berbagai skema kerjasama dengan UCL di bidang akademik, termasuk di antaranya pertukaran staff dan mahasiswa,” pungkas Fitri di akhir acara.

Comments are closed.